26 Desember 2009

Lanjutan Sesi Kegagalan Saat PDKT

Yak, akhirnya gw berkesempatan ngetik lagi...

masih di seksi kegagalan saat PDKT. kita semua pasti pernah berpikir "pasti ada yg SALAH sama gw...segala cara gw lakuin, tapi teteup aja gagal"

point kita sekarang adalah keahlian atau skills (bukan sikil) dan perspektif akan PDKT itu ndiri.

apa sih keahlian? kalau lu dah bisa kenalan sama cewe. tapi setelah itu dia cuek, nunjukin sikap ga tertarik...nah saat lu putar otak untuk mikir gimana caranya untuk bikin dia jadi tertarik...itu keahlian...dan saat yg lu lakukan sukses..itu pun jadi keahlian...

ada cowo yg ahli pdkt via friendster atau situs social lainnya. ada yg bisa pdkt lewat organisasi. ada yg frontal di mall atau cafe. yg jelas lu akan nemuin dimana lu paling bisa PDKT dan apakah kita bisa punya lebih dari satu keahlian? bisa bgt...caranya? belajar. dari sapa? dr mereka yg bisa...berbagi pengalaman. paling gampang sih dari famili man. dari kakak, om, bahkan bokap.

salah satu metode pengembangan skill dan mengubah perspektif ttg PDKT adalah sugesti diri...

ada yg tau apa sugesti diri? sugesti diri adalah pemikiran yg lu cekokin ke diri lu ndiri. kebanyakan dari kita saat gagal, kita mencekoki diri kita dengan pikiran negatif. maka dari itu, kita akan tetap gagal dan gagal.

ketimbang kita cekoki diri dengan pikiran2 negatif itu, napa ga kita coba buat kebalikannya...

gw bantu caranya...

buat daftar pikiran2 lu saat gagal PDKT (oh, ini juga sangat membantu dibidang lain selain PDKT)

"duh, gw ga berani deketin dia kl dia lagi sama temen2nya"

ubah menjadi

"gimana gw tau bisa apa ga kl gw ga coba, gw pasti bisa kok"

dengan pemikiran seperti ini, timbul pertanyaan "HOW?" (It's always the 5W and 1H) dengan pertanyaan how tadi masukkan skill kedalamnya...buat planning, seperti...

"apa harus gw tunggu sampe dia ndirian? kl iya kapan dia ndirian?"

atau

"ah, napa musti malu yah, toh gw niat baik. diketawain2 deh"

atau

"hmm, bisa aja gw suap temen2nya. pake makanan, atau apa yah.."

dan berbagai macam pemikiran lainnya. yg penting positif...

ubah dari tak bisa menjadi bisa. kombinasi antara pemikiran dan keberanian lu dalam bertindak menghasilkan yg namanya SKILL.

cara lainnya adalah dengan menempelkan di tembok, pemikiran apa yg ingin lu cekoki diri lu itu.

seperti...

"berhentilah menjadi rendah diri dan berubah menjadi percaya diri"

tulis atau print gede2 n tempel di kamar. aneh? memang...tapi ini cara yg efektif. dengan lu membacanya berkali2 setiap hari pemikiran ini lama kelamaan akan merasuki diri lu dan lu akan mulai berpikir untuk mencari cara untuk merubah diri lu menjadi percaya diri.

kl gw dulu...

"gw bisa belajar hal baru kl gw mau...DAN GW BISA..."

dengan gitu secara ga sadar gw jadi seneng baca...



salah satu metode yg gw pernah pelajari dari bokap (n ternyata ada di buku ini) kl gw mo lakukan sesuatu, lakukan dengan senang hati jangan tegang. kl ga bisa, ingat2 kenangan waktu lu senaaaaaaaang bgt. apa aja...pas jalan2 sama temen n ada kejadian lucu, pas main sama adik tercinta, menang main WE...apa aja...ingat2 baik2 perasaan senang di saat itu, tanpa sadar perasaan lu akan menjadi ringan n lu lupa akan ketegangan yg lu rasain td. bahkan dalam case gw, gw sampe bisa senyum...kl pas proses PDKT lu tiba2 kaku lagi, jangan segan2 dibagi perasaan lu itu dengan si cewe yg lu pedekatein...

contoh:
"hehe, napa tiba2 jadi inget keponakan aku yah...kmrn pas libur dia main kerumah. padahal masih pengen tidur, tapi dia nomplok aku ke tempat tidur...jadi bangun n ga bisa tidur lagi...jd kangen sama dia"

dengan lu menceritakan hal yg memang menyenangkan buat diri lu ndiri, tanpa sadar lawan bicara lu akan terbawa oleh air muka lu yg sumringah n ikut seneng. malah kl topik pembicaraannya menyenangkan responnya pun pasti menyenangkan n tinggal gimana lu bawa percakapannya ke percakapan berikut...

respon yg gw dapet waktu cerita ttg keponakan adalah:

"heee, km punya keponakan? laki apa perempuan? hihi, jadi inget sama keponakanku juga..." (waktu si cewe dah punya keponakan)

atau

"wah, km dah punya keponakan yah? hihi, aku sebentar lagi. kakak ku baru merit. kayanya seru yah..."

atau

"hmm, kayanya ku ga bisa punya keponakan deh, aku kan anak tunggal"

atau bahkan

"aku ga suka anak kecil"

dan setiap lu menemukan kendala, jangan anggap sebagai masalah. anggap sebagai tantangan. maka lu akan bisa mengembangkan keahlian2 baru...kemampuan bercakap2 lu akan berkembang juga...

kl lu org yg organized, buat catatan apa aja yg terjadi sebagai bahan referensi untuk PDKT dimasa datang...hahaha...

udah dulu...gw ngantuk...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar